Langkah Mudah Cara Membuat Basreng Kering, Cemilan Favorit Indonesia

cara membuat basreng kering

Basreng kering, atau keripik bawang, adalah salah satu cemilan favorit di Indonesia. Camilan ini biasanya ringan dan renyah dengan cita rasa gurih yang memanjakan lidah. Cara membuat basreng kering sangat mudah diikuti dan dapat dilakukan di rumah, bahkan oleh pemula sekalipun.

Apakah anda penasaran ingin mencoba membuat basreng kering sendiri di rumah? Berikut adalah panduan lengkap untuk membuat camilan favorit Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut dan nikmati kelezatan basreng kering buatan sendiri!

Baca Juga: Cara Membuat Kue Putri Salju, Cemilan Lezat Tanpa Oven

Keyword: cara membuat basreng kering, cemilan favorit Indonesia

Apa Itu Basreng Kering?

Basreng kering adalah salah satu jenis makanan ringan yang populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, tepung tapioka, rempah-rempah, dan minyak untuk menggoreng. Berbeda dengan basreng biasa yang memiliki tekstur yang lunak dan basah, basreng kering memiliki tekstur yang renyah dan garing.

Proses pembuatan basreng kering melibatkan penggorengan adonan basreng hingga kering dan renyah. Selain itu, basreng kering juga dikenal sebagai varian basreng yang lebih awet, karena tidak mudah basi atau lembek.

Kenapa Basreng Kering Populer di Indonesia?

Basreng kering menjadi salah satu makanan ringan favorit di Indonesia karena rasanya yang gurih dan renyah. Selain itu, basreng kering juga dapat dijadikan sebagai camilan untuk menemani aktivitas sehari-hari atau sebagai makanan pembuka saat berkumpul dengan keluarga atau teman.

Selain itu, basreng kering juga mudah ditemukan di pasar tradisional atau toko-toko makanan. Namun, membuat basreng kering sendiri di rumah juga tidak sulit dan dapat dijadikan sebagai kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Siapkan semua bahan berikut ini untuk membuat basreng kering yang renyah dan lezat:

Baca Juga :   Temukan Berbagai Pilihan Oleh-Oleh Khas Jember Terfavorit
Bahan Jumlah
Tepung beras 1 cangkir
Tepung tapioka 1/2 cangkir
Bawang putih bubuk 1 sendok teh
Bawang merah bubuk 1/2 sendok teh
Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Air 1 cangkir
Minyak goreng secukupnya

Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti merica bubuk atau tepung cabai jika ingin menambahkan rasa pedas pada basreng kering Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan keju parut untuk varian rasa yang lebih creamy.

Langkah-langkah Membuat Basreng Kering

Basreng kering adalah camilan khas Indonesia yang gurih dan renyah. Berikut adalah panduan lengkap bagaimana membuat basreng kering yang lezat di rumah.

  1. Campurkan 200 gram tepung beras dengan 50 gram tepung tapioka, 1 sendok teh ketumbar bubuk, 1 sendok teh merica bubuk, dan 1/2 sendok teh garam halus. Aduk rata.
  2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan berubah menjadi pasta kental. Pastikan adonan tidak terlalu cair atau terlalu kental.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  4. Ambil sejumput adonan, pipihkan dengan tangan, kemudian goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang lain.
  5. Angkat basreng kering dan tiriskan minyak pada tisu dapur.
  6. Basreng kering siap disajikan.

Agar basreng kering yang dihasilkan sempurna, pastikan adonan tidak terlalu cair agar tidak mudah hancur saat digoreng. Jangan lupa menjaga suhu minyak goreng, pastikan tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Tips dan Variasi Basreng Kering

Untuk membuat basreng kering yang sempurna, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda ikuti:

  • Pastikan adonan yang Anda gunakan tidak terlalu encer atau terlalu kental. Konsistensi yang tepat akan membantu menghasilkan basreng kering yang renyah dan gurih.
  • Jangan terlalu banyak menggoreng basreng kering sekaligus. Memasak terlalu banyak sekaligus dapat menyebabkan suhu minyak turun dan membuat basreng kering menjadi lembek.
  • Gunakan minyak goreng yang segar dan bersih, dan pastikan suhu minyak dalam keadaan panas sebelum memasukkan basreng kering ke dalamnya.
  • Jangan lupa menambahkan bumbu atau rempah-rempah favorit Anda ke dalam adonan untuk memberikan varian rasa yang berbeda. Cobalah menambahkan cabai bubuk, bawang putih, atau keju untuk memberikan sentuhan yang unik pada basreng kering Anda.
Baca Juga :   Jelajahi Lezatnya Mie Gacoan Pamulang, Kenikmatan Tak Tertandingi

Beberapa variasi basreng kering yang populer di Indonesia antara lain:

Variasi Rasa Bahan Tambahan
Basreng Pedas Cabai bubuk, bawang putih, garam
Basreng Keju Keju parut
Basreng Rasa Barbeque Bumbu barbeque

Cobalah untuk bereksperimen dengan berbagai rasa dan tambahan bahan untuk menemukan varian basreng kering favorit Anda!

Nikmati Kelezatan Basreng Kering Anda!

Sekarang basreng kering Anda sudah siap untuk dinikmati. Anda bisa menyajikannya sebagai camilan atau pengganti kerupuk di saat makan bersama keluarga.

Basreng kering juga cocok dijadikan oleh-oleh atau cemilan saat bertamu ke rumah kerabat atau teman.

Untuk menambah kenikmatan, Anda bisa mencoba menghidangkan basreng kering dengan saus sambal atau keju parut di atasnya. Hal tersebut akan menambah rasa lezat dari basreng kering.

Ingat, ketika menyajikan basreng kering yang telah Anda buat, jangan lupa untuk menikmati sendiri hasil karya Anda. Selamat mencoba!

Similar Posts