Temukan dan Cicipi Makanan Khas Kediri yang Legendaris

makanan khas kediri

Kediri, sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan sejarah, budaya, dan kuliner tradisionalnya. Salah satu daya tarik utama Kediri adalah makanan khasnya yang legendaris. Ketika berkunjung ke Kediri, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya yang terkenal.

Makanan khas Kediri memiliki keunikan rasa dan cita rasa tersendiri yang tidak ada duanya. Ada banyak sekali jenis makanan khas Kediri yang wajib dicoba, dan setiap makanan memiliki cerita dan makna-sendiri yang membuatnya menjadi legendaris.

Mari kita telusuri lebih dalam tentang keunikan, legenda, dan tempat-tempat yang menyediakan makanan khas Kediri yang lezat ini.

Keunikan Makanan Khas Kediri

Kediri memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam dan unik. Makanan khas Kediri memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari kuliner daerah lainnya. Keunikan tersebut tidak hanya terletak pada rasa, tetapi juga pada bahan dan tekhnologi memasak yang digunakan.

Salah satu hal yang membuat makanan khas Kediri begitu istimewa adalah penggunaan bahan-bahan lokal yang segar. Mulai dari sayuran, rempah-rempah, hingga daging yang semuanya berasal dari wilayah Kediri. Hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat rasa makanan khas Kediri begitu autentik dan unik.

Tidak hanya itu, cara memasak yang digunakan juga sangat berbeda dari daerah lainnya. Tekhnik khas Kediri yaitu memasak dengan cara dibakar menggunakan arang, membuat rasa makanannya semakin khas dan tak tertandingi.

Beragamnya makanan khas Kediri juga terlihat dari bervariasi nya jenis makanan, dari makanan berat hingga makanan ringan. Seperti yang terkenal dengan nasi pecel, sejenis nasi campur yang disajikan dengan berbagai macam sayuran, dilengkapi dengan sambal kacang yang khas. Selain itu, ada juga lontong balap dan tahu tek, yang merupakan makanan ringan yang paling banyak dicari oleh wisatawan.

Keunikan Makanan Khas Kediri

  • Rasa autentik dengan bahan segar
  • Teknologi memasak yang unik
  • Beragamnya jenis makanan
  • Makanan ringan yang lezat

Makanan Khas Kediri yang Wajib Dicoba

Kediri memang terkenal dengan kelezatan makanan tradisionalnya. Berikut ini beberapa makanan khas Kediri yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana:

Pecel

Pecel adalah makanan khas dari Jawa Timur, termasuk Kediri. Makanan ini terdiri dari sayuran hijau seperti kacang panjang, kubis, dan kemangi yang dicampur dengan bumbu kacang yang gurih dan sedikit pedas. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk.

Baca Juga :   Temukan Berbagai Pilihan Oleh Oleh Khas Jambi Terbaik Disini!

Nasi Pecel

Nasi pecel adalah varian dari pecel yang lebih lengkap dengan tambahan sayur-sayuran dan lauk. Biasanya terdiri dari nasi putih, sayuran seperti kangkung, kacang panjang, daun singkong, dan lainnya, serta lauk seperti tahu dan tempe. Semua itu disiram dengan kuah bumbu kacang yang lezat.

Jenang Kediri

Jenang Kediri adalah makanan penutup tradisional Kediri yang terbuat dari ketan, santan, gula merah, dan garam. Jenang Kediri memiliki rasa manis dan lengket serta biasanya disajikan hangat.

Tahu Tek

Tahu tek adalah makanan ringan tradisional Kediri yang terdiri dari tahu goreng, taoge, telur rebus, dan bumbu kacang yang pedas. Rasanya sangat nikmat dan cocok dinikmati sebagai camilan.

Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan berkuah yang terdiri dari lontong, tauge, tahu, lentho (bakso kacang hijau), dan bumbu kacang. Makanan ini terkenal di Kediri karena bumbunya yang gurih dan nikmat.

Jangan ragu untuk mencicipi kelima makanan khas Kediri yang sudah disebutkan di atas. Rasakan sensasi cita rasa unik dan nikmati kelezatan masakan tradisional Kediri!

Legenda di Balik Makanan Khas Kediri

Makanan khas Kediri bukan hanya lezat tapi juga memiliki cerita legendaris yang menarik. Jenang kediri, misalnya, diyakini sebagai makanan peningkat stamina bagi para prajurit Kerajaan Kediri. Di masa perang, para prajurit akan memakan jenang kediri sebelum bertempur agar terus kuat dan berkendaraan.

Nasi pecel, makanan yang terbuat dari nasi dan sayur-sayuran yang dihidangkan dengan sambal kacang ini, juga memiliki legenda yang menarik. Konon, nasi pecel pertama kali disajikan oleh seorang pedagang kecil sebagai makanan kudapan bagi para penumpang kereta api.

“Dikarenakan kurangnya waktu saat menunggu kereta api di stasiun, banyak penumpang kereta api yang meminta makanan yang praktis untuk dijadikan kudapan, sehingga terciptalah nasi pecel yang praktis dan mudah disajikan,”

Tahu tek, makanan ringan yang terbuat dari tahu, telur, kentang dan taoge, juag memiliki legenda unik. Tahu tek konon pertama kali diperkenalkan oleh seorang pedagang asal Tiongkok yang menikahi perempuan asal Kediri, ia kemudian menciptakan makanan ini berdasarkan cara memasak tahu khas asal Tiongkok.

Lontong balap, sejenis lontong sayur dengan sate, juga memiliki cerita dengan legenda yang menarik. Dalam cerita tersebut disebutkan bahwa lontong balap pertama kali disajikan oleh seorang pedagang makanan yang menaruh gerobaknya di depan sirkuit balap kuda. Pedagang tersebut menawarkan makanan ini sebagai santapan cepat bagi para penonton sirkuit yang ingin menikmati makanan yang mudah disantap.

Baca Juga :   Menemukan Varian Jajan Favoritmu di Indomaret - Info & Tips

Tempat Makan Terkenal untuk Mencicipi Makanan Khas Kediri

Jika kamu mengunjungi Kediri, wajib mencicipi hidangan lezat makanan khas daerah ini. Beberapa tempat makan terkenal yang menjual makanan khas Kediri dapat kamu kunjungi untuk merasakan kelezatannya. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan yang harus kamu coba:

  1. Nasi Pecel Bu Tinuk – Menawarkan nasi pecel dengan lauk ayam, tahu, tempe, dan lalapan yang segar.
  2. Jenang Kediri Mbok Giyem – Jenang beras ketan dengan isian kacang hijau, bubuk kelapa, dan gula merah yang rasanya manis dan legit.
  3. Tahu Tek Pak Jayen – Tahu digoreng kering dengan taburan bawang putih, kacang tanah, dan petis.
  4. Lontong Balap Pak Gendut – Lontong dengan lauk tahu, tempe, serta sayuran dan cocolan sambal petis.
  5. Pecel Madiun Bu Asih – Pecel dengan bahan-bahan yang segar seperti kacang panjang, tauge, dan mentimun.

Tidak hanya itu, terdapat juga berbagai pasar makanan seperti Pasar Pecel Kediri dan Pasar Senggol Kediri yang menjual hidangan khas dan jajanan tradisional. Kamu juga dapat mencoba makanan yang dijual oleh pedagang kaki lima.

Dengan mencicipi hidangan khas Kediri di tempat-tempat makan terkenal ini, kamu dapat merasakan kelezatan makanan yang sudah terkenal sejak lama. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengeksplorasi kuliner Kediri yang legendaris.

Resep Makanan Khas Kediri untuk Dicoba di Rumah

Jika Anda ingin merasakan aroma dan rasa khas dari masakan Kediri, coba buatlah beberapa resep makanan khas Kediri di rumah. Berikut adalah beberapa resep yang bisa dicoba:

Pecel Kediri

Pecel merupakan salah satu makanan khas Kediri yang terkenal. Bahan utama adalah sayur-sayuran segar seperti kacang panjang, daun singkong dan kangkung yang disiram dengan bumbu sambal kacang yang pedas.

  1. 200 gram kacang tanah goreng
  2. 1 siung bawang putih
  3. 10 buah cabe merah
  4. 1 buah tomat
  5. 2 sdm air asam jawa
  6. garam secukupnya
  7. sayur-sayuran segar seperti kacang panjang, daun singkong dan kangkung

Cara membuat:

  1. Goreng kacang tanah hingga matang, lalu haluskan bersama bawang putih, cabe, tomat, air asam jawa, dan garam
  2. Tata sayur-sayuran segar di atas piring, lalu siram dengan sambal kacang

Nasi Pecel

Nasi pecel adalah hidangan nasi yang disajikan dengan sayur dan sambal pecel yang gurih dan pedas.

  1. 1 piring nasi putih
  2. sayur-sayuran segar seperti kacang panjang, daun singkong dan kangkung
  3. 1 sdm sambal pecel
Baca Juga :   Cari Restoran Sunda Terdekat untuk Menikmati Hidangan Tradisional

Cara membuat:

  1. Masak nasi hingga matang
  2. Tata sayur-sayuran di atas nasi
  3. Siram dengan sambal pecel

Jenang Kediri

Jenang Kediri adalah makanan khas Kediri yang berupa bubur ketan hitam yang dimasak dengan santan dan gula merah.

  1. 100 gram ketan hitam
  2. 500 ml air
  3. 150 gram gula aren
  4. 200 ml santan

Cara membuat:

  1. Rendam ketan hitam dalam air selama beberapa jam
  2. Masak ketan hitam dengan air hingga matang
  3. Tambahkan gula aren dan santan, lalu masak hingga kental

Coba resep-resep di atas untuk merasakan kelezatan makanan khas Kediri di rumah Anda. Selamat mencoba!

Pariwisata Kuliner di Kediri

Kediri bukan hanya terkenal dengan destinasi wisatanya, tetapi juga dengan makanan khasnya yang lezat. Oleh karena itu, tak heran jika pariwisata kuliner di Kediri semakin berkembang. Ada banyak festival kuliner yang diadakan di kota ini, di mana pengunjung dapat menikmati berbagai makanan khas Kediri dalam suasana yang meriah.

Selain itu, tersedia pula berbagai tur kuliner yang dapat membawa wisatawan ke tempat-tempat di mana makanan khas Kediri dibuat dan dijual. Dengan cara ini, para wisatawan dapat mengetahui cara pembuatan dan sejarah makanan khas Kediri dari perspektif yang lebih dekat.

Tidak hanya itu, tetapi banyak restoran dan warung makan di Kediri yang menawarkan menu makanan khas kota ini. Dari street food hingga restoran mewah, pengunjung dapat menemukan berbagai tempat makan yang menawarkan sajian khas Kediri yang lezat dan beragam.

Tidak hanya menikmati makanan khas Kediri, tetapi pengunjung juga dapat mencoba membuat sendiri beberapa resep khas Kediri di rumah. Dengan demikian, wisatawan dapat membawa pengalaman kuliner Kediri kembali ke rumah mereka dan berbagi dengan keluarga dan teman-teman.

Pariwisata kuliner di Kediri semakin berkembang dan menarik minat wisatawan dari berbagai belahan dunia. Dengan kekayaan makanan khas dan festival kuliner yang kian banyak, Kediri bisa menjadi salah satu destinasi kuliner yang menarik di Indonesia. Jadi, jika Anda mencari pengalaman kuliner yang tak terlupakan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Kediri saat berkunjung ke kota ini.

Similar Posts