Kenali Lebih Dekat Rawon Nguling Malang, Nikmat Tiada Tanding

rawon nguling malang

Indonesia adalah negeri yang kaya akan kuliner. Salah satu makanan yang tak bisa dilewatkan adalah Rawon Nguling Malang. Terkenal sebagai kuliner terbaik Indonesia, Rawon Nguling Malang memiliki kelezatan dan keunikan rasa yang sulit ditandingi.

Sejarah dan Asal-Usul Rawon Nguling Malang

Rawon Nguling Malang adalah masakan khas daerah Jawa Timur, khususnya Malang. Masakan ini terkenal dengan kuah hitam khas yang dihasilkan dari bahan-bahan alami, yang memberikan rasa yang khas dan unik.

Sejarah Rawon Nguling Malang berasal dari legenda rakyat di Jawa Timur. Konon, Rawon Nguling pertama kali dibuat oleh seorang janda dari desa Nguling, Malang. Janda tersebut menciptakan resep yang khas dan menjadi terkenal di daerah sekitar. Dari situlah, Rawon Nguling menjadi populer dan menjadi salah satu kuliner terbaik di Indonesia.

Meskipun memiliki banyak variasi, bahan utama dalam pembuatan Rawon Nguling Malang adalah daging sapi yang dimasak dalam waktu yang lama menggunakan rempah-rempah khas. Selain itu, bahan-bahan seperti bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit, dan kluwek juga menjadi bahan penting dalam pembuatan Rawon Nguling.

Selain dikenal karena gurihnya, Rawon Nguling Malang juga memiliki keunikan karena menggunakan kluwek, bahan yang cukup sulit ditemukan dan memiliki rasa dan aroma yang khas. Kluwek ini memberikan warna hitam yang khas pada kuah Rawon Nguling Malang. Proses pembuatan yang cukup rumit, membuat Rawon Nguling dikenal sebagai masakan yang memerlukan skill dan ketelitian dalam pembuatannya.

“Rawon Nguling Malang adalah salah satu kuliner terbaik di Indonesia yang memiliki sejarah yang kaya dan keunikan rasa yang sulit ditandingi.”

Resep dan Bahan Baku Rawon Nguling Malang

Untuk membuat Rawon Nguling Malang yang lezat dan khas, kamu membutuhkan bahan-bahan yang sesuai dengan resep berikut:

  • 1 kg daging sapi
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 2 liter air
  • 500 ml kaldu sapi
  • 2 sdm garam
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 batang lengkuas, memarkan
  • 500 gr kacang tolo, rebus
  • 4 sdm minyak goreng
  • 4 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 2 sdt ketumbar, sangrai
  • 1 sdt merica butir, sangrai
  • 4 sdm kluwek, rebus
  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
Baca Juga :   Resep dan Cara Membuat Berbagai Makanan Dari Tepung Tapioka

Langkah-langkah dalam membuat Rawon Nguling Malang:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bumbu halus hingga harum.
  2. Tambahkan daging sapi, serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, jahe, dan kaldu sapi. Masak dengan api kecil selama 2-3 jam atau hingga daging empuk.
  3. Tambahkan kacang tolo dan garam. Masak hingga semua bahan matang dan rasa tercampur sempurna.
  4. Sajikan Rawon Nguling Malang dengan nasi putih, irisan mentimun, dan sambal terasi. Nikmati hidangan ini sambil masih hangat.

Dengan mengetahui bahan-bahan dan cara membuat Rawon Nguling Malang yang benar, kamu bisa mencoba membuat hidangan ini di rumah dan menikmati kelezatannya bersama keluarga.

Kelezatan dan Cara Menikmati Rawon Nguling Malang

Rawon Nguling Malang merupakan salah satu kuliner terbaik Indonesia yang memiliki kelezatan dan keunikan rasa yang sulit ditandingi. Untuk menikmati hidangan ini dengan benar, perlu memperhatikan cara penyajiannya.

Rawon Nguling Malang disajikan dalam mangkuk dengan kuah hitam kental dan potongan daging sapi yang empuk. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan nasi putih, tauge, emping, dan irisan cabai rawit sebagai pelengkapnya.

Tips terbaik untuk menikmati hidangan ini adalah dengan mencampurkan nasi putih dengan kuah rawon sampai merata. Kemudian, makanlah dengan campuran tauge dan emping, serta irisan cabai rawit agar mendapatkan sensasi rasa yang lengkap dan enak.

Jika ingin merasakan sensasi rasa yang berbeda, bisa dicampurkan sedikit kecap manis dan sambal kecap. Namun, jangan terlalu banyak agar tidak merubah rasa asli dari hidangan tersebut.

Tempat Terbaik untuk Menikmati Rawon Nguling Malang

Jika Anda mencari tempat makan yang menyajikan Rawon Nguling Malang yang lezat, maka Anda harus mencobanya di Warung Bu Kris. Warung ini terkenal sebagai salah satu restoran terbaik Rawon Nguling Malang di kota.

Baca Juga :   Temukan Pilihan Terbaik Restoran di Tebet, Jakarta Selatan

Selain Warung Bu Kris, ada juga restoran legendaris yang menyajikan Rawon Nguling Malang, yaitu Rawon Setan. Restoran ini berdiri sejak tahun 1960-an dan masih eksis hingga sekarang. Kualitas rasa yang konsisten membuat restoran ini tak pernah sepi pengunjung.

Warung Bu Kris

Warung Bu Kris memiliki beberapa cabang di Malang. Salah satunya adalah di dekat Stasiun Kota Baru. Di warung ini, Anda akan disuguhi Rawon Nguling Malang dengan daging sapi yang empuk dan kuah yang kental.

Selain Rawon Nguling Malang, warung ini juga memiliki menu lain yang tak kalah lezat, seperti sate kambing, nasi campur, dan soto ayam. Harga yang terjangkau juga menjadi alasan mengapa warung ini selalu ramai pengunjung.

Rawon Setan

Rawon Setan terletak di Jalan Arif Rahman Hakim, dekat dengan Universitas Brawijaya. Di sini, Anda dapat menikmati Rawon Nguling Malang yang memiliki cita rasa yang unik dan mantap.

Selain Rawon Nguling Malang, restoran ini juga menyajikan sate kambing dan nasi campur yang tak kalah lezat. Harga yang cukup terjangkau membuat restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner.

Jangan lupa mencoba Rawon Nguling Malang di Warung Bu Kris dan Rawon Setan saat berkunjung ke Malang. Pastikan Anda tidak melewatkan kelezatan hidangan yang satu ini.

Similar Posts